Jarang Disadari, Ini Dia Tanda-tanda Kehamilan yang Wanita Harus Ketahui

Wanita yang sedang memasuki usia pernikahan awal umumnya akan sangat menantikan datangnya si buah hati. Hal ini karena kehadiran si kecil sering dinilai sebagai pelengkap kebahagiaan rumah tangga. Untuk itu, sangat penting bagi para wanita mengetahui apa saja tanda-tanda kehamilan yang terkadang tidak disadari karena tanda awalnya hampir mirip ketika Anda akan memasuki fase menstruasi. Oleh sebab itu, agar Anda tidak terlambat menyadari bahwa Anda ternyata sedang hamil muda, berikut akan dibahas sedetail mungkin.

Biasanya para wanita menandai masa kehamilan di awal minggu dengan telat datang bulan atau menstruasi saja. Hal ini sebenarnya tidak salah, akan tetapi terlambatnya masa menstruasi Anda tidak dapat langsung diartikan sebagai tanda kehamilan karena ada banyak faktor yang mempengaruhi fase tersebut menjadi tidak teratur. Namun, agar tidak salah mengira di bawah ini akan kita bahas ciri-ciri kehamilan yang para wanita wajib ketahui, antara lain:

• Payudara membesar
Jika Anda merasa ukuran payudara semakin membesar, terasa lebih lembut, namun sangat sensitif seperti sakit saat tersenggol maupun di pegang hal tersebut dapat menjadi tanda awal bahwa Anda sedang hamil muda.

• Bercak darah
Hampir sama seperti tanda awal fase menstruasi, wanita yang memasuki masa kehamilan juga akan mengeluarkan bercak atau flek darah. Namun, flek ini akan terjadi secara terus-menerus dengan disertai kram perut yang teratur. Jika kondisi kram perut yang Anda alami disertai sakit dan membuat badan terasa lemah, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

• Mual
Tanda-tanda kehamilan selanjutnya adalah biasanya para ibu akan mengalami gejala mual dan muntah yang dikarenakan naiknya hormon HCG didalam tubuh. Namun, umumnya rasa mual ini akan menghilang dengan sendirinya ketika usia kehamilan Anda memasuki trimester kedua.

• Sering buang air kecil
Janin si kecil yang tumbuh di rahim secara otomatis akan menekan bagian kandung kemih wanita. Oleh sebab itu, masa awal kehamilan juga dapat ditandai dengan frekuensi buang air kecil yang menjadi lebih sering dibanding biasanya.

• Sensitif
Karena perubahan hormon dari dalam tubuh, wanita yang sedang hamil muda akan sangat sensitif seperti mudah tersinggung dan mudah marah pada orang-orang disekitarnya meskipun hanya karena hal sepele. Biasanya Anda juga akan merasa cepat lelah dan mudah mengantuk pada usia awal kehamilan.

Beberapa hal di atas yang dapat menjadi tanda awal seorang wanita memasuki masa kehamilan adalah tanda yang bersifat umum, namun tidak pasti setiap perempuan akan mengalaminya. Hal ini biasanya tergantung pada kekebalan tubuh dan hormon pada setiap wanita umumnya akan berbeda-beda, karenanya tidak heran jika sering terjadi kasus dimana para calon ibu muda tidak sadar bahwa dirinya sedang memasuki masa hamil muda.

Untuk para wanita sangat penting mengetahui apa saja ciri atau tanda-tanda kehamilan sedini mungkin agar dapat melakukan tindakan yang tepat. Kelalaian atau tidak menyadari bahwa Anda sedang hamil muda pada sebagian orang dapat berakibat kurang baik bagi pertumbuhan janin bahkan bisa berakibat fatal yaitu keguguran. Usia hamil muda sangat rentan terhadap keguguran jika tidak langsung mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk itu, jika Anda merasa mengalami salah satu tanda seperti di atas, maka sebaiknya segera lakukan tes kehamilan untuk memastikan kondisi Anda sesegera mungkin, terlebih lagi untuk Anda yang sedang menjalankan program hamil.