Makanan Tahan Lama dan Awet Untuk Persediaan Makanan

Biasanya makanan memiliki masa kadaluwarsa bahkan makanan yang baru dimasak harus segera dihabiskan atau bisa disimpan setidaknya paling lama satu hari. Itu juga harus disimpan di dalam kulkas dan dipanaskan keesokan harinya. Namun terdapat makanan tahan lama yang bisa disimpan lebih lama daripada makanan pada umumnya.

9 Daftar Makanan Tahan Lama

Makanan yang kering umumnya lebih tahan lama daripada yang basah sehingga anda tidak perlu repot memasak lagi setiap harinya. Bagi anda yang tidak ingin ribet memasak berulang-ulang bisa mencoba daftar makanan tahan lama berikut ini.

1. Kering Tempe Manis
Tempe kering yang telah dipotong kecil-kecil dicampur dengan bawang putih, bawang merah, cabai, gula dan garam ini dapat bertahan hingga 2 minggu jika disimpan pada toples kedap udara cocok dijadikan sebagai lauk atau camlian.

2. Sambal Roa Kering
Sambal roa kering merupakan makanan khas Manado yang cukup mudah dibuat. Ikan roa yang telah ditumbuk ditumis dengan campuran bumbu hingga kering kemudian bisa disimpan pada toples kedap udara. Ikan roa juga bisa diganti dengan ikan tongkol atau ikan tuna.

3. Ebi Kering Sangrai
Resep makanan tahan lama dengan bahan utama ebi ini cukup mudah dibuat yaitu hanya dengan ebi, lada putih bubuk, dan daun jeruk kering. Sangrai ebi kemudian taburkan lada bubuk hingga ebi matang. Daun jeruk kering biasanya disimpan dalam toples bersama ebi agar lebih tahan lama.

4. Kering Teri Medan
Kering teri ini sangat cocok disajikan dengan nasi hangat dan cukup mudah dibuat. Teri digoreng terlebih dahulu kemudian ditumis dengan sedikit minyak dan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, dan kacang tanah. Sama dengan ebi, daun jeruk dimasukkan ke dalam toples agar teri lebih tahan lama.

5. Kentang Mustafa
Kentang mustafa memiliki rasa yang manis dan gurih dengan bahan utama kentang yang diiris tipis-tipis berbentuk korek yang telah direndam pada kapur sirih kemudian digoreng hingga garing. Kentang yang telah garing ditumis bersama dengan bawang merah, bawang putih, cabai, gula, dan garam.

6. Abon ayam
Abon ayam juga bisa disimpan dan lebih tahan lama. Ayam yang sudah dikukus matang disuwir tipis kemudian ditumis bersama dengan bumbu yang telah disediakan sampai benar-benar kering. Abon bisa disimpan pada toples kedap udara dan disajikan sebagai lauk atau camilan.

7. Dendeng ragi
Dendeng ragi atau yang juga dikenal sebagai serundeng daging bisa disimpan dan tahan lama tanpa perlu dihangatkan kembali. Terbuat dari campuran daging, kelapa parut, dan bumbu yang telah dicampur kemudian ditumis hingga matang. Dendeng ragi yang telah dingin dapat disimpan di toples kedap udara.

8. Nugget ikan patin
Nugget buatan sendiri pastinya lebih enak dan bergizi. Daging ikan patin dimasukkan ke dalam adonan telur, bawang putih, bawang goreng, merica, garam, kaldu bubuk, dan tepung terigu yang telah diaduk rata kemudian dikukus. Adonan nugget yang telah dikukus bisa dibiarkan dingin bisa dipotong dan dibalurkan dengan tepung kemudian disimpan dalam kulkas.

9. Sup kemasan
Jika anda tidak ingin ribet memasak dan mengotori dapur, anda bisa menyiapkan makanan tahan lama yaitu sup kemasan dalam kaleng yang umumnya bisa disimpan hingga 2 tahun jika kemasan belum dibuka. Sup kemasan bisa langsung disajikan langsung atau dihangatkan terlebih dahulu untuk disajikan bersama nasi. Namun perlu diingat makanan kaleng pastinya memiliki rasa yang kurang dibandingkan dengan masakan sendiri.

Deskripsi : makanan tahan lama umumnya dapat disimpan hingga seminggu bahkan tahunan jika disimpan dengan baik dan benar.