Fakta Menarik Tentang Telur

Telur dan kesehatan. Jika Anda memikirkan apa kaitannya dua hal tsb, pasti yang pertama terlintas dalam pikiran Anda adalah kadar kolesterolnya yang tinggi. Tapi ternyata itu tidak benar; Telur sebenarnya tidak berkontribusi terhadap tingginya kadar kolesterol dalam darah. Faktanya, telur adalah sumber nutrisi yang mudah didapat dan cangkangnya merupakan salah satu rancangan terbaik dari alam. Telur itu ringan, serbaguna, dan lezat.

Telur yang berukuran besar mengandung sekitar 75 kalori, 5 g lemak, 1.5 g lemak jenuh dan 190 mg kolesterol. Studi menunjukkan bahwa untuk kebanyakan orang sehat, lemak jenuh (yang ditemukan pada daging berlemak, kulit ayam, produk susu berlemak penuh, dan minyak nabati) dan lemak trans (yang ditemukan dalam makanan olahan dan makanan ringan) memiliki efek paling besar terhadap kadar kolesterol dalam darah. Secara umum, kolesterol yang kita dapatkan dari makanan kita (termasuk telur) bukanlah faktor penting dalam peningkatan kolesterol darah.

Ada beberapa orang yang sangat sensitif terhadap kolesterol dalam makanan. Jadi jika Anda memiliki kolesterol tinggi, Anda disarankan untuk tidak memakan lebih dari tiga kuning telur dalam seminggu, karena bagian kuning telur mengandung kolesterol. Begitupun dengan penderita diabetes, perlu untuk membatasi konsumsi kuning telur.

Manfaatnya untuk kesehatan

Memperkuat kuku dan rambut. Seng dan zat besi dalam telur dapat membantu rambut Anda bersinar dan membuat kuku Anda tidak mudah patah.

Mencegah degenerasi makula. Karotenoid lutein dan zeaxanthin pada telur mempunyai kaitan dalam penurunan risiko degenerasi makula terkait usia, yang menyebabkan hilangnya penglihatan pada orang tua.

Meningkatkan kesehatan otak. Lecithin—yaitu pengemulsi alami yang ditemukan pada telur—kaya akan kolin, sehingga dapat membantu menggerakkan kolesterol melalui aliran darah, serta membantu metabolisme lemak dan memperbaiki beberapa jenis kerusakan neurologis. Kolin dianggap penting untuk perkembangan otak dini dan mampu meningkatkan daya ingat di kemudian hari.

Kurangi risiko penyakit jantung, kanker. Kuning telur adalah satu dari sedikit makanan yang mengandung Vitamin D, yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung, serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat melawan diabetes. Vitamin lainnya dalam telur juga sangat bermanfaat untuk tubuh, seperti Vitamin A yang bisa membantu kesehatan mata, Vitamin B (terutama vitamin B12) yang sangat penting bagi fungsi saraf, dan vitamin E yang mampu mempertahankan otot dan sel darah merah. Telur juga merupakan sumber protein yang lengkap; Telur mengandung semua sembilan asam amino esensial yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.

Resiko terhadap kesehatan

Pemicu alergi. Telur adalah salah satu makanan yang paling mungkin memicu reaksi alergi. Jika Anda alergi terhadap telur, berhati-hatilah terhadap makanan yang mungkin salah satu bahan bakunya telur, seperti saus & mayones, pancakes, roti, serta es krim. Ada baiknya memeriksa terlebih dahulu label yang ada pada makanan, perhatikan baik-baik apakah bahan yang ada pada makanan berasal dari telur. Hindari suntik flu dan vaksin lainnya yang diinkubasi dalam telur.

Risiko bakteri salmonella. Satu dari 7.000 telur mengandung bakteri salmonella. Meskipun risiko keracunan makanan relatif rendah akhir-akhir ini, sebaiknya hindari makan telur mentah atau yang dimasak setengah matang. Orang yang berisiko khusus termasuk orang tua yang kondisi tubuhnya lemah, wanita yang sedang hamil muda, dan siapa saja yang mempunyai system imun tubuh lemah terkait penyakit. Jika Anda termasuk berisiko, hindarilah salad Caesar, mayones segar, saus, dressing berbasis telur, mousses, dan es krim. Untuk memastikan bahwa telur telah dimasak cukup lama, didihkan selama minimal 4 menit, atau rebus selama 5 menit, atau goreng selama 3 menit. Standar tsb berlaku baik untuk kuning telur maupun putihnya. Omelet dan telur orak-arik juga harus dimasak sampai tidak lembek lagi dan tidak berair.

Tips memakannya

  • Rebus telur di microwave selama 1 menit atau sedang.
  • Telur bisa diaduk dengan sedikit krim keju dan rempah-rempah segar.
  • Ambil sepotong roti bakar bagian atasnya dan sajikan dengan tomat bakar, jamur, sayuran hijau, dan telur rebus.

Tips Membelinya

  • Pastikan tidak ada telur yang retak dan jangan taruh di bagian bawah kantung belanja Anda.
  • Telur dengan cangkang putih atau coklat sama-sama bergizi; Perbedaan warna cangkang tsb dikarenakan berasal dari jenis ayam yang berbeda.
  • Telur bebas mungkin memiliki kadar karotenoid yang sedikit lebih tinggi namun sebaliknya sama.
  • Carilah telur yang mengandung omega-3 tinggi. Kuning telur tsb mengandung omega-3s, yaitu lemak tak jenuh yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Telur yang mengandung omega-3 memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah dan merupakan sumber vitamin E yang lebih baik daripada telur biasa.

Tips Menyimpannya

  • Simpan telur di bagian tengah kulkas, karena lebih dingin dari pada rak di bagian dekat pintu.
  • Simpan ujung telur yang runcing ke bawah, agar kuning telur tetap terpusat di tempurung yang jauh dari kantong udara pada ujung yang lebih besar.
  • Telur yang telah masuk kulkas dapat bertahan sampai 3 minggu.
  • Telur membusuk lebih cepat dalam satu hari pada suhu kamar dari pada satu minggu di kulkas.