5 Tips Mengajak Anak Menyiapkan Bekal Favorit

Banyaknya jajanan di sekolah yang tidak sehat akan membuat rentan terserang berbagai penyakit. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda membawakan anak bekal untuk di sekolah. Selain terhindar dari makanan yang tidak higienis, anak juga bisa membantu Anda dalam menyiapkan bekal favorit mereka. Berikut 5 tips mengajak anak dalam menyiapkan bekalnya.

1. Sesuaikan Bekal dan Jam Sekolah Anak
Berkaitan dengan menu bekal yang akan dibawa anak, Anda harus memperhatikannya dengan benar. Jika anak Anda pulang pukul 10.00 maka tidak perlu membawa makanan berat, cukup camilan yang mengenyangkan. Hal ini dikarenakan sebelum berangkat sekolah anak sudah sarapan sehingga pukul 10.00 perut belum ingin makan yang berat.

2. Coba Kembangkan Kreativitas Anak
Jika Anda terbiasa memberikan bekal makanan dengan tampilan yang biasa. Sekarang saatnya anak ikut menyiapkan dengan lebih kreatif. Anda bisa meminta anak Anda untuk berkreasi agar bentuk dari bekal favorit mereka menjadi lebih unik dan menarik. Salah satu caranya dengan membuat kreasi bento yang dihias menyerupai boneka maupun karakter kesukaan anak.

Selain itu, tanyakan kepada anak tentang porsi yang pas agar makanan yang dibawa tidak terbuang sia-sia. Agar makanan bisa menggugah selera, kreasikan dengan cara memotongnya menjadi bentuk unik misal dibentuk bunga maupun seperti garnish lainnya.

3. Mengajak Anak Saat Belanja
Mengajak anak belanja merupakan cara yang baik agar anak Anda tahu kalau bahan-bahan sebelum menjadi makanan yang lezat butuh proses membeli dan memilih di pasar maupun supermarket. Anda bisa membebaskan anak untuk memilih bahan yang akan diolah menjadi menu bekalnya. Tips parenting ini akan sangat berguna untuk mengasah kerativitasnya juga.

4. Membebaskan Anak Memilih Kotak Bekal
Nafsu makan anak memang tidak tentu. Terkadang anak bisa saja sangat lahap dalam menyantap menu bekalnya, namun ada kalanya ia membawa kembali pulang kotak bekal dengan isi yang masih sama. Agar selera makan anak bertambah, maka hal pertama yang harus Anda perhatikan yakni pada kotak bekalnya.

Anda bisa mengajak anak membeli kotak bekal yang sesuai keinginannya. Jika ada banyak kotak bekal di rumah, maka biarkan anak memilih sendiri kotak bekal yang disukainya agar saat makan ia juga berselera. Sebelum menyiapkan makanan, Anda bisa meminta anak mengambil kotak bekal di lemari sendiri. Jika ia menyukai kotak bekalnya maka tidak akan ada bosan makan.

5. Ajari Memotong dengan Hati-Hati
Saat menyiapkan menu bekal bersama anak, jangan lupa perhatikan segi keamanan anak. Jangan sampai dapur menjadi tempat yang berbahaya untuknya. Anda bisa mengubah dapur menjadi lebih menyenangkan dengan mengajari anak memotong sayuran dengan hati-hati. Jika Anda masih khawatir jika anak memegang pisau maka beri pekerjaan lain.

Anda bisa menyuruhnya untuk menata bahan masakan di wadah atau menyusunnya di dalam kotak bekal, maupun hanya memperbolehkan anak untuk memberikan garam ke dalam masakan. Intinya jangan mengekang anak saat ingin mengeksplorasi di dapur.

Menyiapkan bekal favorit anak memang menjadi hal penting untuk membantu daya kembang otak anak. Tips ini bisa Anda terapkan untuk anak yang baru masuk sekolah hingga anak usia Sekolah Dasar. Anda juga bisa membaca banyak tips parenting lainnya di orami.co.id untuk mendidik anak agar bisa menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *